Taman Margasatwa, Budaya Kinantan, Kebun Binatang Bukittinggi

Taman Margasatwa, Budaya Kinantan, Kebun Binatang Tertua di Sumatera Barat.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau sering disebut juga dengan nama Kebun Binatang Bukittinggi. Objek Wisata ini layak menjadi pilihan wajib untuk dikunjungi. Kebun binatang ini tidak hanya menghadirkan koleksi binatang saja, akan tetapi juga menawarkan pengetahuan, nilai sejarah, dan sekaligus panorama alam bukittinggi yang indah dalam satu kawasan. Posisinya yang masih terintergrasi dengan Fort de Kock, menjadi salah satu alasan mengapa kebun binatang ini menjadi rekomendasi utama berlibur ke Kota Bukittinggi.


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di indonesia. Selain mempunyai akses jalan yang cukup mudah ditempuh yaitu di pusat Kota Bukittinggi dan mempunyai jarak tempuh berdekatan dengan Jam Gadang serta pusat pembelanjaan di Pasar Atas yang merupakan pasar tradisional bukittinggi. Prakarsa pendirinya dimulai pada sekitar tahun 1900 atas ide seorang Controleur pemerintah Hindia Belanda yang bertugas di Fort de Kock (Bukittinggi) bernama Gravenzanden yang di resmikan pada tanggal 3 Juli 1929.

Asal cerita Sang Controleur (Gravenzande) terkesan dengan kehidupan panorama disebuah bukit bernama Bukit Malambuang atau dikenal dengan nama Cubadak Bungkuak yang tepat berada diseberang Bukit Jirek, tempat dimana Benteng Fort de Kock berdiri.

Dipuncak bukit ini, pengunjung dapat mengamati bentangnya alam di sekelilingnya yang bergelombang. Mulai dari pemandangan Kota Bukittinggi, Gunung Singgalang, Gunung Sago, Gunung Marapi hingga Ngarai Sianok tersaji disekitar bukit ini. Keindahan panorama inilah yang membuat pemerintah Hindia Belanda kemudian membangun tempat ini sebagai wahana rekreasi orang-orang Belanda yang menetap di Kota ini.


Dulunya tempat ini hanya dibangun sebagai sebuah taman bunga yang belum mempunyai koleksi binatang, kemudian beberapa koleksi hewan mulai dimasukkan kedalam taman tersebut, tetapi mulai tahun 1929, fungsinya dikembangkan menjadi sebuah kebun binatang, dengan nama resmi Kebun Binatang Bukittinggi atau dalam bahasa Belanda Fort de Kocksche Dieren Park oleh Dr.J.Hock.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat ini terutama sekali untuk mengunjungi Kebun Binatang Taman Margasatwa Budaya Kinantan di Bukittinggi, maka anda dapat menggunakan Jasa Rental Mobil Padang, Sewa Mobil di Padang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.. www.SewaRentalMobilPadang.com untuk mendapatkan pelayanan terbaik dengan kendaraan terbaru.
Blog, Updated at: 4/02/2015 09:26:00 AM
Written by: Rental Mobil Padang Sewa Mobil Padang
Sewa Rental Mobil Padang Updated at: 4/02/2015 09:26:00 AM